Selasa, 07 Februari 2012

Tips & Tricks TelkomSpeedy


Tadi pagi (Minggu,21 April 2008) tepatnya pukul 10.00 pagi, layanan TelkomSpeedy saya mulai diaktifkan. Sebelumnya saya registrasi online melalui situs TelkomSpeedy pada malam hari (Senin, 20 Nov 2006). Dan keesokan harinya, saya sudah ditelpon oleh salah satu operator Telkom Speedy yang menanyakan apakah ingin berlangganan Speedy sesuai data registrasi yang saya lakukan di situsnya. Dan yang menelpon bukan hanya satu orang atau dua orang, tapi 5 orang! Entah karena berebut ‘lahan’ atau mengutamakan pelayanan, yang pasti hal ini membuat konsumen merasa diperhatikan :-). Setelah teknisi datang membantu instalasi (sebenernya saya sendiri yang melakukan instalasi, mereka hanya memasukkan username & password), akhirnya TelkomSpeedy saya ber’lari’ dengan kencang (dibandingkan dengan Telkomnyet yang saya gunakan sebelumnya). Yah, setidaknya mitos yang menyatakan Speedy bermasalah sampai saat ini belum terbukti (mudah2an tidak :-D ).
Setelah sedikit mengoprek speedy (blm banyak sih), saya mau berbagi pengalaman apabila ada yang ingin berlangganan Speedy, khususnya saat-saat sekarang ini dimana masih terdapat program FORMULA5 yang menggratiskan biaya registrasi dan diskon biaya perbulan (di jakarta menjadi Rp. 180.000/bulan) serta tambahan quota menjadi 1GB/bulan selama tiga bulan semenjak aktivasi pertama kali.
Berikut beberapa Tips & Tricks TelkomSpeedy yang sudah saya lakukan :
1. Pastikan kabel telpon yang digunakan tidak terlalu banyak sambungan. Saya mencoba mempersingkat sambungan kabel telpon yang tadinya terdapat 3 sambungan menjadi 1. Hasilnya jika menggunakan Telkomnyet yang biasanya maksimal mendapatkan 48 Kbps bisa meningkat menjadi 50 Kbps. Walaupun tidak terlalu signifikan, tapi sepertinya berpengaruh terhadap kualitas jaringan.
2. Pilih modem ADSL yang direkomendasikan oleh Telkom. Dan juga perhatikan kebutuhan, ada modem yang terdiri dari 4 port Ethernet. Tapi kalau hanya digunakan untuk 1 buah komputer, lebih baik gunakan yang 1 port Ethernet dan 1 port USB. Harganya lebih murah :-)
3. Kalau bisa, sebaiknya gunakan Ethernet, karena USB kadang-kadang bermasalah (kakak saya yang menggunakan USB sering bermasalah).
4. Jika anda menggunakan Windows, matikan services Automatic Updates agar tidak menghabiskan ‘jatah’ quota.
5. Atur update antivirus anda menjadi 1 minggu sekali. Beberapa antivirus yang agak paranoid seperti Kaspersky defaultnya tiap 3 hari sekali mengupdate database antivirus.
6. Apabila anda hanya ingin membaca artikel atau berita, sebaiknya atur setting browser anda (Firefox atau Opera) untuk tidak menampilkan gambar (images). Saya menggunakan Firefox untuk melihat situs yang menggunakan images serta menggunakan Opera untuk melihat situs tanpa images :-D
7. Untuk melihat kecepatan bandwidth yang diperoleh anda dapat mencoba beberapa bandwidth meter yang terdapat diinternet. Untuk test lokal anda dapat menggunakan layanan dari TelkomSpeedy. Sedangkan untuk mengukur bandwidth anda dari luar negeri anda dapat mencobanya disini.
bwmeter.JPG
contoh hasil pengukuran ke Washington DC
8. Instal aplikasi yang dapat menghitung statistik akses total download/upload yang sudah kita pergunakan. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah Net Traffic Meter. Selain menghebat ‘jatah’ karena tidak perlu login ke TelkomSpeedy dulu, aplikasi ini juga dapat memberikan Alert sesuai yang kita setting. Misalnya apabila sudah mencapai 100MB, maka akan muncul pop-up dan suara yang dapat kita atur sendiri.
9. Agar mendownload bisa lebih cepat dan dapat di-resume apabila gagal ditengah jalan atau komputer tiba2 mati, install download manager seperti flashget atau DAP.
10. Gunakan Google Web Accelerator. Katanya sih bisa mempercepat waktu loading situs. Kalau mau tahu lebih jauh silahkan baca disini.
Jika ada tambahan tips dan trick menggunakan TelkomSpeedy jangan sungkan-sungkan untuk saling berbagi yach…. :-)
Apabila ingin mengetahui lebih lanjut mengenai ADSL dan Speedy, anda dapat membaca buku yang dibuat oleh Onno W. Purbo yang berjudul Pegangan Pengguna ADSL dan Speedy.
Selamat memanfaatkan ’speed’ dari Speedy. Share

0 komentar:



:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

NB : Jangan berkomentar menggunakan bahasa kasar atau kotor,,
jangan lupa visit lagi ya gan,,
http://www.harizone-xp.blogspot.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...